Penyebab Komputer Menjadi Lambat dan Cara Memperbaikinya

| Label: | |
Seiring lamanya pemakaian komputer dan seringnya install dan setting program komputer serta mengutak-atik Registry windows, membuat komputer menjadi lambat bahkan kadang muncul pesan error. Hal ini tidak hanya terjadi di komputer PC namun juga bisa terjadi di laptop, notebook, netbook bahkan tablet pc.

Komputer yang lambat bukan tidak mungkin akan menjadi hang bahkan rusak (cara memperbaiki komputer rusak) karena sebagian pengguna yang tidak sabaran menunggu loading program komputer berjalan. Oleh sebab itu, secepat mungkin mendeteksi hal-hal yang menyebabkan komputer kita jadi lambat.

Berikut hal-hal hang menyebabkan komputer menjadi lambat dan cara mengatasinya :

1. Memory Ram Komputer Kecil

Sebuah program biasanya mempunyai syarat minimal pengoperasiannya. Terlalu banyak menggunakan program yang tidak sesuai dengan kemampuan RAM Komputer.

Untuk komputer saat ini, dengan berbagai program yang ada maka memori minimal yang disarankan adalah 1GB

2. Banyaknya program yang terinstal

Penyebab Komputer Menjadi lambat karena banyaknya program yang terinstall di Komputer tersebut.

Hapuslah program yang tidak sering dipakai, karena hal ini memperbanyak memakan ruang hardisk. Hal ini sangat dianjurkan terutama bagi komputer yang mempunyai kapasitas hardisk yang kecil misalnya dibawah 50 GB. Akibat ruang sisa sistem C:/ kecil, mengakibatkan peringatan low memory dan komputer biasanya melambat.

3. Terlalu banyak startup programs

Penyebab Komputer lambat karena terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan.

Untuk menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke “System Configuration Utility” dengan cara ketik: msconfig pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan. kemudian restart.

4. Temporary File yang sudah membengkak

Penyebab komputer lambat yang ke empat adalah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:”C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp” dan”C:\WINDOWS\Temp“.

Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, ketik: “cleanmgr” lalu pilih drive yang akan di-cleanup.

5. Sering digunakan untuk bermain Game

Bermain game adalah hal yang menyenangkan. Namun keseringan main game dapat juga menyebabkan komputer jadi lambat terutama untuk game yang membutuhkan memori yang tinggi sehingga terjadi overheat, panas

Solusi : Pastikan komputer telah sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan untuk setiap game ataupun software yang terinstall.

6. Masalah pada hardisk

Hardisk merupakan komponen kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat. Masalah Komputer lambat yang disebabkan oleh hardisk ini diantaranya karena:
  • Hardisk low space
  • Hardisk yang terfragmentasi
  • Hardisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun
  • Hardisk error / bad sector
Cara mengatasi komputer lambat karena masalah pada hardisk diatas adalah:
  • Upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
  • Lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
  • Hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
7. Adanya virus, malware, worm dan spyware pada komputer.

Virus adalah hal yang membosankan sekaligus membahayakan komputer. Membosankan karena virus biasanya melipatgandakan diri sehingga memakan ruang hardisk. Berbahaya karena banyak juga virus sejenis worm yang mengambil data komputer kita ketika kita terhubung ke internet.

Untuk itu, setiap komputer harus dilindungi dengan memasang antivirus komputer yang terbaik. Saat ini antivirus komputer terbaik dan gratis menurut oviexnet.com adalah Eset NOD32. Untuk Eset Nod32 Offline Installer terbaru bisa di download disini.

8. System Files ada yang corrupt atau bahkan hilang.

Biasanya terjadi setelah komputer terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus.

Solusi yang paling gampang adalah dengan merepair sistem operasi yang digunakan.

9. Masalah Hardware Overheat

Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer yang pada akhirnya komputer menjadi hang, lambat atau bahkan  sering restart.

Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

10. Penggunaan Efek Windows yang berlebih

Windows Xp, Vista maupun windows 7 menyediakan opsi untuk menggunakan tampilan dengan berbagai efek. Jika komputer kita mempunyai spesifikasi yang bagus, tentu berbagai efek ini tidak menjadi masalah, tetapi jika ingin performa cepat, berbagai efek windows bisa di non aktifkan.

Misalnya Untuk windows XP, klik kanan My Computer, pilih tab Advanced dan klik setting bagian Performance. Kita juga melalukan tweak sistem untuk mendapatkan setting yang tepat dan cepat, dengan menggunakan software semisal X-Setup Pro.

Selain hal diatas masih banyak lagi sebab-sebab lain yang mengakibatkan komputer lambat, seperti berbagai service windows yang berjalan yang sebenarnya tidak diperlukan, pemilihan dan pengaturan hardware yang tidak optimal, space primary disk misalnya drive C yang diambang batas atau hampir habis, dan masih banyak lagi yang lainya.

1 komentar:

  1. Anonim says:

    Makasih gan banyak membantu

Poskan Komentar

Posting Baru Posting Lama Home

Artikel Lainnya

 
Copyright © 2011 OviexNET All Right Reserved